Categories News

Detik-Detik Ditemukannya Pesawat Yang Hilang di Area Ilaga

Punkinbooks.com Р Pesawat de Haviland Canada DHC4 Caribou PK-SWW kabarnya telah ditemukan. Berikut adalah lokasi ditemukannya pesawat yang hilang. Kondisi pesawat terlihat sudah hancur menjadi beberapa bagian.

Dari foto yang diperoleh dari kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, pesawat yang jatuh itu terperosok pada tebing jurang yang lumayan curam. Tampak pada foto yang lain pula, di tebing itu banyak berserakan badan pesawat yang sudah tak berbentuk lagi, dan hanya terlihat serpihan-serpihan kecil saja.

Bambang meneruskan foto dari Kepala Bandara Ilaga yang diambil dari pesawat Twin Otter yang mencari pesawat tersebut. 4 Kru pesawat itu juga sudah ditemukan dalam kondisi tewas.

“Berita terakhir, 3 jenazah sudah di Puskesmas Jila, 1 jenazah lagi dalam perjalanan ke Puskesmas Jila,” demikian keterangan tertulis yang disampaikan Kepala Biro Informasi dan Komunikasi Publik Kemenhub Bambang S Ervan, Selasa (1/11/2016).

Dalam pesawat kargo itu ada 4 orang terdiri dari Pilot Farhat Limi, First Officer (FO) R Fendi Ardianto, Engineer Steven dan Flight Operation Officer (FOO) Andi Baringan. Pesawat itu mengangkut bahan bangunan berupa gorong-gorong dan mesin molen dengan total berat 3.130 kilogram.

Menurut Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) F Henry Bambang Soelistyo, lokasi jatuhnya pesawat tersebut sudah ditemukan pukul 06.35 WIT pada koordinat 04 06 27 S – 137 38 79 E pada ketinggian 12.000 feet.

Sebelum terjadi hilang kontak, pesawat sempat melakukan kontak saat pertama kali dengan petugas bandara di Ilaga yang melaporkan jika posisinya sudah di Ilaga dan diperkirakan akan segera mendarat.

Setelah beberapa menit kemudian, petugas bandara menghubungi pesawat itu namun tidak ada respon sama sekali. Petugas juga sudah meminta bantuan kepada pesawat yang melintasi area Ilaga namun tidak juga mendapatkan informasi.

Sebanyak 18 anggota tim SAR diterjunkan melakukan pencarian dibantu dengan satu unit helikopter milik PT Freeport Indonesia dan 2 Trigana Air Service.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *