Categories News

Performa Positif Pada Nilai Tukar Rupiah Hari Ini

Punkinbooks.com – Nilai tukar Rupiah hari ini menunjukan performa yang positif. Rupiah hari ini bertenger di posisi Rp 13.285 per dolar AS, menguat dibanding posisi sore pekan lalu Rp 13.315.
Bahkan, dolar AS sempat jatuh hingga ke kisaran Rp 13.244 sebelum akhirnya ke posisi Rp 13.285. Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada, meski menguat, sebenarnya hari ini tidak ada sentimen positif penggerak rupiah.
Tidak adanya sentimen positif di mana rilis penjualan ritel nasional turun dari 6,3% menjadi 3,7%, perkiraan LPS terkait dengan kenaikan NPL akan menghambat pertumbuhan ekonomi, pergerakan euro kembali melemah setelah terimbas kekhawatiran pemiliu di Perancis, hingga adanya rilis penelitian pertumbuhan ekonomi global masih akan melambat dalam beberapa bulan ke depan.
Namun menurut Reza penguatan Rupiah terdorong dari menguatnya harga komoditas. Sehingga mampu dimanfaatkan rupiah untuk menguat.
Jika kondisi ini berlanjut, Reza memprediksi rupiah besok akan bergerak dalam kisaran Rp 13.331 sampai dengan Rp 13.216. Namun juga harus waspada dengan beberapa sentiment-sentimen seperti tersebut di atas yang dapat menghadang potensi kenaikan lanjutan dari rupiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *