Categories Berita TerpanasNews

Prathita IV Alami Oleng Karena Hantaman Ombak Besar

Punkinbooks.com – KMP Prathita IV yang melayani jasa penyebarangan dari Ketapang-Gilimanuk, mengalami insiden yang cukup serius. Ada salah satu muatan yang terguling karena terhantam besarnya ombak. Akibat hantaman ombak besar tersebut ada sejumlah kendaraan yang mengalami kerusakan cukup parah.

“Muatan yang terbalik di atas KMP Prathita IV dan mengalami kerusakan yakni motor 1 unit, sedan 1 unit, truk sedang 3 unit, dan truk tronton 1 unit,” jelas GM PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Elvi Yoza, Kamis (1/6/2017).

Elvi menjabarkan, kronologi insiden itu berawal dari keberangkatan KMP Prathita IV pukul 10.20 WIB dari Pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk. Prathita IV tercatat membawa muatan sepeda motor 12 unit, mobil jenis sedan 1 unit, truk sedang 4 unit, truk besar 2 unit, dan truk tronton 1 unit. Penumpang pejalan kaki berjumlah 2 orang dan penumpang di atas kendaraan berjumlah 25 orang.

Kerusakan yang terjadi nantinya akan diurus oleh pihak asuransi. Sekitar pukul 10.40 WIB ada angin kencangĀ  yang datang tiba-tiba dari arah tenggara disertai dengan ombak yang sangat besar dengan arus yang kuat menuju arah selatan, sehingga kapal terkena ombak besar tersebut pada bagian lambung kanan kapal.

“Lalu, kapal terombang-ambing sekitar 15 menit, yang mengakibatkan muatan terguling dan rusak,” jelasnya.

Pada pukul 10.55 WIB cuaca sudah kembali normal dan sekitar pukul 11.15 WIB KMP Pratitha IV sudah berhasil bersandar pada Dermaga 1 Pelabuhan Gilimanuk.

Untuk seluruh kerusakan pengguna jasa, sambung Elvi, PT ASDP akan bertanggung jawab sepenuhnya. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pihak asuransi akan memproses semua klaim kerusakan kendaraan.

“Bagi pengguna jasa yang mengalami kerusakan kendaraan, akan diproses lebih lanjut dengan pihak asuransi sesuai ketentuan berlaku, yakni PT Jasa Raharja dan PT Jasa Raharja Putra,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Gilimanuk, Arief Muljanto menjelaskan bahwa keberangkatan kapal KMP Pratita IV sudah melalui prosedur yang benar. Termasuk telah melakukan lashing (pengikatan) pada seluruh kendaraan penumpang.

“Laporan yang saya terima dilasing, tapi lasingnya putus” kata Arief.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *