Categories News

Dua Orang Warga Asing Tertangkap Petugas Imigrasi Bogor

 

 

Punkinbooks.com – Dua orang kewarganegaraan Bangladesh yang berinisial B dan MI diringkus petugas Kantor Imigrasi Kelas I Bogor, Jawa Barat ketika akan membuat paspor Indonesia menggunakan data palsu.

Tertangkapnya dua warga asing tersebut awalnya karena adanya rasa curiga dari petugas wawancara permohonan Paspor RI, yang menjumpai keganjilan pada dua pemohon Paspor RI yang mengaku berkewarganegaraan Indonesia.

Ketika pembuatan paspor, tersangka sudah melengkapi data palsu meliputi KTP, kartu keluarga serta yang lainnya yang memperlihatkan seakan-akan lahir sesuai tempat tinggalnya yaitu di Bekasi.

“Setelah diperiksa semua palsu. Tapi si B memiliki paspor dari negara asal, kalau MI tidak bisa menunjukkan dokumen (paspor),” ungkap Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Arief Hazairin Satoto, Jumat 5 Januari 2018.

Pada petugas, MI juga mengungkapkan pernah tinggal cukup lama di Bekasi sehingga sudah lancar menggunakan bahasa Indonesia. Sedangkan B baru selama 3 tahun tinggal di Bekasi.

“MI buruh bangunan lepas, sedangkan B pengusaha kayu gaharu,” ungkap Toto.

Sampai sekarang ini, petugas imigrasi masih melakukan penyidikan terkait motif pelaku untuk megajukan paspor RI. Kedua pelaku tersebut diduga pembuatan paspor tersebut digunakan untuk menghindari hukuman dari imigrasi Indonesia yang telah habis masa berlakunya.

“Yang jelas memiliki paspor Indonesia, otomatis dia jadi warga negara Indonesia dan punya hak kewarganegaraan di sini,” ungkap Sutoto.

Dua pelaku tersebut sampai sekarang masih ditahan di Kantor Imigrasi Kelas I Bogor untuk proses selanjutnya dan akan dijerat hukuman berdasarkan pelanggarannya.

“Pelanggarannya Undang-Undangan Keimigrasian tahun 2011 Pasal 126 hurup 2c,” kata Toto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *