Categories News

Masjid Istiqlal Akan Langsungkan Shalat Gerhana Bulan

 

 

Punkinbooks.com – Pada hari Rabu, 31 Januari 2018 akan terjadi gerhana bulan total yang akan berlangsung mulai pukul 19.52 WIB sampai 21.08 WIB. Gerhana tersebut dapat dilihat oleh semua bagian wilayah Indonesia.

Umat islan disarankan untuk melangsungkan shalat gerhana bulan atau shalat Khusuf. Tidak hanya itu, umat islam juga diajak untuk berdikir, istighfar, sedekah serta melakukan amal yang baik.

Diantara tempat ibadah umat muslim terbesar di Asia Tenggara, yakni Masjid Istiqlal diagendakan akan melangsungkan shalat Khusuf yang akan dilangsungkan sesudah Isya.

“Insyaallah ada (salat Khusuf). Dilaksanakan selepas Isya. Biasanya habis Zuhur (31 Januari 2018), akan diumumkan ke jemaah yang hadir,” kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah Abdul Salam, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Dia juga mengatakan nantinya shalat gerhana bulan dilaksanakan dengan tidak undangan secara khusus. Pihaknya hanya menyarankan terhadap umat muslim intuk ikut melakukan sholat sunnah tersebut.

“Nantinya, jemaah yang ikut salat gerhana bulan di Masjid Istiqlal, yang kebetulan melaksanakan ibadah di sini,” ungkapnya.

Mengenai siapa yang akan menjadi khatib saat berkhutbah selesat shalat gerhana , Abu Hurairah belum bisa memastikan. Hal tersebut lantaran sekarang ini pihaknya masih belum membicarakan kembali.

“Dari tahun yang ada, biasanya dipegang langsung sama imam besar,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *