Categories News

Kementerian Sosial Kirimkan Tim Terpadu Untuk Identifikasi KLB Gizi Buruk dan Campak di Asmat

 

 

 

Punkinbooks.com – Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham mengatakan Kejadian Luar Biasa (KLB) gizi buruk serta campak yang terjadi di Kabupaten Asmat Papua sudah dapat diatasi.

“Alhamdulillah, hari ini atas penjelasan dari Panglima TNI (Marsekal Hadi Tjahjanto) itu mengatakan KLB sudah selesai,” ungkap Idrus di Kantor Kementerian Sosial, Jalan Salemba Raya Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Tetapi Idrus mengungkapkan pihak kementerian masih akan melakukan usaha penindaklanjutan yaitu merawat, membina serta mengembangkan untuk warga Asmat.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah telah menyepakati akan melaksanakan pendekatan secara terpadu dan berkelanjutan di Asmat supaya pandemi gizi buruk tidak akan terulang kembali.

“Terkait ini, kita dari kementerian terkait telah melakukan paling tidak dua kali (rapat) dipimpin Menko PMK Ibu Puan (Puan Maharani) dan dilakukan rakor (rapat koordinasi) yang dipimpin kepala staf presiden di tingkat eselon 1,” ungkap Idrus.

Pihak kementerian telah mengirimkan tim terpadu untuk menyusuri beberapa rumah yang didiami warga dan jika ditemui warga yang masih mengalami gizi buruk dan campak maka akan secepatnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Idris juga menyatakan mulai hari Kamis 1 Januari 2018, terdapat kurang lebih 13 eibu warga Asmat yang telah dilayani dan sekitar 179 warga mendapat perawatan di eumah sakit dan sebanyak 72 orang meninggal lantaran KLB gizi buruk dan campak di Asmat, Papua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *