Categories News

Yakin Akan Gugur, Kuasa Hukum Fredrich Yunadi Cabut Pengajuan Praperadilan

 

 

 

Punkinbooks.com – Pengacara Fredrich Yunadi, Sapriyanto Reva lagi-lagi mencabut pengajuan berkas praperadilan yang dilayangkannya ke Pengadilan Jakarta Selatan. Lantaran dirinya memperkirakan hakim akan menggugurkan permohonan praperadilan yang diajukannya.

Sapriyanto mengatakan pencabutan permohonan prapengadilan tersebut dilakuka pada tanggal 8 Februari 2018 kemarin. Dirinya mengungkapkan praperadilan sudah tidak efektif setelah keputusan hakim untuk menunda persidangan lantaran wakil dari KPK tidak bisa hadir.

“Setelah sidang ditunda dari tanggal 5 ke tanggal 12, kami rasa tidak efektif. Makanya kami cabut perkaranya,” ungkap Sapriyanto di Pengadilan Jakarta Selatan, Senin (12/2/2018).

Dia menyatakan berdasarkan Pasal 82 KUHP dipaparkan praperadilan akan gugur bila pokok perkara telah diperiksa oleh pengadilan.

“Buat apa dilanjutkan jikalau ujung-ujungnya hakim akan memutuskan menggugurkan. Daripada gugur mendingan kami cabut,” tutur Sapriyanto.

Sapriyanto juga menjelaskan pencabutan pengajuan praperadilan diizinkan dalam undang-undang selama termohon belum menanggapi permohonan yang diajukan. Bila termohon telah menjawab permohonan maka pencabutan dilakukan harus ada persetujuan dari termohon.

“Mekanisme praperadilan hampir sama dengan perkara perdata. Jadi di sini kami tidak menabrak undang-undang,” jelas Sapriyanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *