Categories News

Facebook Belum Berikan Hasil Investigasi Pada Komisi I DPR

 

 

 

Punkinbooks.com – Facebook Indonesia mengaku belum dapat memenuhi permintaan Komisi I DPR mengenai investigasi kebocoran penyalahgunaan data pengguna. Komisi I DPR memberi tenggang waktu selama satu bulan kepada pihak Facebook Indonesia untuk melakukan investigasi tersebut.

“Seperti yang sudah saya sampaikan kemarin kepada Komisi I, dan tadi ke teman-teman di Bareskrim untuk tanggal pastinya saya juga enggak bisa menjanjikan,” tutur Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Ruben Hattari di Kantor Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (18/4/2018).

Walaupun demikian, Ruben bersedia memberi hasil penemuan pihaknya mengenai hal tersebut kepada Komisi I ataupun Bareskrim. Tetapi, Ruben tidak dapat memastikan waktu pelaksanaan audit yang dilakukan oleh pihaknya selesai.

“Mengenai audit itu, pasti nanti kami akan transparan kalau misalkan auditnya selesai,” ucap Ruben.

Ruben mengatakan sekarang ni pihaknya sedang menghimpun data untuk menjawab permasalahan yang dialami Facebook. Tetapi, Ruben tidak membeberkan secara spesifik data yang sedang dicarinya.

“Kami masih dalam proses pencarian data yang lebih lanjut. Dan kami akan terus bekerja sama dengan Komisi I (DPR), Kominfo, dan sekaligus dengan Bareskrim untuk memberikan fakta-fakta yang lebih rinci dan detail ke depannya,” kata Ruben.

Sebelumnya, anggota Komisi I DPR Meutya Hafid meminta Facebook untuk komitmen memperbaiki aplikasinya dari semua kesalahan.  Bila tetap tidak ada perubahan, maka kemungkinan DPR menganjurkan moratorium layanan Facebook terhadap pemerintah Indonesia.

Hafid juga menanti hasil investigasi yang dilaksanakan oleh pihak Facebook mengenai dugaan kasus kebocoran dan penyalahgunaan data pengguna. Pihaknya juga memberi waktu selama satu bulan kepada Facebook Indonesia.

“Kalau (hasilnya) lama, tidak selesai-selesai, berarti belum ada itikad baik dari Facebook,” kata Hafid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *