Categories News

Status Merapi Ditingkatkan, Jarak 3 Km dari Puncak Gunung Dikosongkan

 

 

 

Punkinbooks.com – Status Gunung Merapi yang mulanya normal kini dinaikkan menjadi waspada. Kenaikan status waspada tersebut telah ditentukan semenjak hari Senin, 21 Mei 2018 pukul 23.00 WIB.

Kepala Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengungkapkan naiknya status Gunung Merapi menjadi waspada lantaran terjadinya tambahan aktivitas freatik di Gunung Merapi. Bukan hanya itu, dia juga mengatakan aktivitas freatik yang meningkat ini juga disertai dengan adanya gempa VT dan gempa tremor.

“Peningkatan status dari normal menjadi waspada direkomendasikan agar dalam radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi dikosongkan dari aktivitas penduduk. Masyarakat yang berada di KRB III dimohon meningkatkan kewaspadaannya,” kata Hanik di Kantor BPPTKG Yogyakarta, Senin, 21 Mei 2018.

Dia juga mengatakan semua aktivitas pendakian di Gunung Merapi tidak disarankan. Terkecuali untuk kepentingan penyelidikan serta penelitian mengenai mitigasi bencana.

Hanik mengatakan bila perubahan aktivitas Gunung Merapi terjadi sevara signifikan maka status akan secepatnya ditinjau ulang. Hanik menghimbau terhadap masyarakat supaya tetap tenang dan waspada.

“Masyarakat jangan terpancing dengan isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tak jelas sumbernya. Masyarakat agar tetap mengikuti arahan aparat pemerintah daerah atau menanyakan langsung ke pos pengamatan Gunung Merapi terdekat melalui radio komunikasi pada frekuensi 165.075 Mhz, melalui website www.merapi.bgl.esdm.go.id, melalui media sosial BPPTKG maupun datang ke Kantor BPPTKG di Jalan Cendana No 15, Kota Yogyakarta, telepon (0274) 514180-514192,” dia mengakhiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *